Senin, 27 April 2015

Pentingnya Pendidikan dalam Kehidupan Manusia

Pendidikan merupakan hal yang terpenting dalam kehidupan kita. Hal ini berarti bahwa setiap manusia berhak mendapatkan pendidikan. Secara umum pendidikan mempunyai arti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan. Sehingga menjadi seorang yang terdidik itu sangat penting. Pendidikan pertama kali yang kita dapat di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Seorang anak yang diberi kasih sayang akan menyayangi keluarganya,  sehingga anak akan merasakan bahwa anak dibutuhkan dalam keluarga. Sebab anak merasa keluarga sebagai sumber kekuatan yang membangunnya. Dengan demikian, akan timbul suatu situasi yang saling membantu, menghargai, dan  sangat mendukung perkembangan anak. Di dalam keluarga yang pertama kali memberikan  pertumbuhan dan perkembangan adalah orang tua. Itulah pentingnya mengapa kita menjadi orang yang terdidik di lingkungan keluarga. Orang tua mengajarkan kepada kita mulai sejak kecil untuk menghargai orang lain.
Anak pertama kali memperoleh pendidikan dalam lingkungan keluarga. Pendidik dalam lingkungan keluarga adalah orang tua (Ayah dan Ibu). Di sini peran mereka sangat diperlukan dalam proses pendewasaan anak, oleh sebab itu pendidikan pra sekolah diperoleh anak melalui lingkungan keluarga. Di lingkungan keluarga anak akan memperoleh banyak pengetahuan dasar yang diajarkan oleh orang tuanya, kebiasaan sehari-hari anak akan meniru  dari cara orang tua mereka mengajarkannya. Oleh karena itu orang tua biasa disebut sebagai predikat pendidik pertama dan pendidik utama
          Lingkungan sekolah menjadi pendidikan yang kedua. Apabila orang tua mempunyai biaya lebih, maka dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi  seperti Perguruan Tinggi. Guru merupakan bagian terpenting dalam dunia pendidikan. Guru sebagai pendidik memberikan ilmu sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Peranan guru sebagai pendidik merupakan sarana pendorong mendisiplinkan anak, agar anak dapat mempunyai rasa tanggung jawab dengan apa yang telah dia lakukan. Guru juga berupaya agar materi yang disampaikan  dapat menarik minat anak. Guru adalah orang yang bertatap muka langsung dengan peserta didik. Sebaik apa pun sebuah kurikulum dan perencanaan strategis pendidikan dirancang, jika tanpa guru yang berkualitas, tidak akan membuahkan hasil optimal. Artinya roda komunitas yang bernama sekolah sangat diwarnai oleh kinerja dan mutu para guru. Pentingnya peranan dan kualitas seorang guru  terjadi  karena banyaknya problematika yang dihadapi oleh para guru. Kualitas pendidikan bangsa ini banyak ditentukan oleh kualitas para gurunya.
Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruk pribadi manusia. Dengan adanya hal tersebut, pemerintah harus optimalisasi dalam menangani bidang pendidikan, sebab dengan sistem pendidikan yang baik diharapkan muncul generasi penerus bangsa yang berkualitas dan mampu menyesuaikan diri untuk hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar